LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ksatriani, Awan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Laporan BAB I, BAB II, BAB III.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)/ Magang III merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PLT mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Pelaksanaan PLT meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PLT dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 di SMK N 2 Magelang. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (membuat soal ulangan harian, membuat soal evaluasi, membuat agenda harian, membantu administrasi guru, membuat RPP, dan membuat materi ajar), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X AK 1, X AK 2, X AK 3, XI AK 1, dan XI AK 2. Evaluasi meliputi pembuatan soal dan teori, ulangan, serta pembuatan tugas untuk siswa. Hasil pelaksanaan PLT di SMK Negeri 2 Magelang adalah dapat terlaksananya kegiatan mengajar sebanyak 170,8 jam dan untuk kegiatan non mengajar sebanyak 117,45 jam. Kegiatan mengajar yang terlaksana selama PLT antara lain: pembuatan media pembelajaran berupa power point dan perlengkapan games, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebanyak 11 buah, dan praktik mengajar terbimbing sebanyak 76,90 jam. Sedangkan kegiatan non mengajar yang telah dilaksanakan antara lain: piket guru, bimbingan LKS akuntansi, administrasi UTS, mengikuti pengajian, upacara bendera dan pelaksanaan bulan bahasa. Program PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan yang berarti. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PLT ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PLT adalah meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah sekaligus memperluas wawasan dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar di sekolah. Sebagai upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas tenaga pengajar, kegiatan PLT perlu ditingkatkan dengan membina hubungan antar lembaga pendidikan yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PLT, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62089

Actions (login required)

View Item View Item