HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA TKR SMK MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO

Wijaya, Anom Toni (2018) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA TKR SMK MUHAMMADIYAH BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
16504247008.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa TKR SMK Muhammadiyah Bambanglipuro , (2) Hubungan antara fasilitas belajar dirumah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa TKR di SMK Muhammadiyah Bambanglipuro Jenis Penelitian ini adalah ex-post facto. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Muhammadiyah Bambanglipuro sebanyak 138 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah 102 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi sederhana dan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dan prestasi belajar pekerjaan dasar teknik otomotif teknik dengan R Square sebesar 0,268. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar (variabel intervening) dengan prestasi belajar pekerjaan dasar teknik otomotif siswa SMK Muhammadiyah Bambanglipuro, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien hubungan tidak langsung melalui motivasi 0,156134 dan t hitung 2,6587 > t tabel 1,9999045 dengan taraf kesalahan 5 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar Di Rumah, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62084

Actions (login required)

View Item View Item