PENGELOLAAN SARANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

Ratih Pratiwi, Nunung (2012) PENGELOLAAN SARANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nunung Ratih Pratiwi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Yogyakarta, meliputi: (1) Perencanaan kebutuhan sarana pendidikan; (2) Penyimpanan sarana pendidikan; (3) Inventarisasi sarana pendidikan; (4) Penggunaan sarana pendidikan; (5) Penghapusan sarana pendidikan; (6) Pengendalian sarana pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah satu kepala sekolah, dan tiga pengelola sarana pendidikan yang membantu administrasi yang ada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kebutuhan sarana pendidikan sekolah menengah pertama negeri 8 yogyakarta sudah dilakukan dengan baik karena sekolah telah melakukan perencanaan sesuai kriteria antara lain mengadakan penyusunan rencana pengadaan, seleksi dan menentukan skala prioritas, pembentukan panitia pengadaan, melaksanakan pengadaan; (2) Penyimpanan masih terdapat kendala, pada tempat khusus penyimpanan, sementara itu perawatan rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali; (3) Inventarisasi dilakukan sesuai dengan prosedur pengarahan dari dinas yaitu pencatatan, penomoran, labeling dilakukan oleh petugas yang ditunjuk sesuai dibidangnya; (4) Penggunaan sarana di sekolah diatur oleh sekolah dengan mengacu dokumen tata tertib dalam pemanfaatan sarana, serta didukung dengan peraturan yang dibuat oleh pengelola sarana; (5) Penghapusan sarana pendidikan diawali dengan menganalisis keadaan melalui pemeriksaan rutin setiap tiga bulan sekali, membuat laporan berita acara penghapusan, penghapusan sarana berpedoman pada SK Penghapusan Barang Inventaris Alat kantor dan Rumah Tangga milik Kekayaan Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2009; (6) Pengendalian membutuhkan indikator perencanaan, penyimpanan, inventarisasi, penggunaan, dan penghapusan yang perlu diperhatikan. Indikator tersebut digunakan untuk menilai ketercapaian pengelolaan sarana. Kata kunci: pengelolaan, sarana pendidikan, sekolah menengah pertama negeri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6207

Actions (login required)

View Item View Item