PEMANFAATAN KACANG MERAH DAN TEPUNG KACANG MERAH DALAM PEMBUATAN RED BEAN WELLINGTON STEAK (RED BEWELL STEAK) DAN BEAN CHOCOLATE CAKE (BEAN CHO CAKE)

Wahyuni, Aprilia (2016) PEMANFAATAN KACANG MERAH DAN TEPUNG KACANG MERAH DALAM PEMBUATAN RED BEAN WELLINGTON STEAK (RED BEWELL STEAK) DAN BEAN CHOCOLATE CAKE (BEAN CHO CAKE). D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13512134040.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proyek akhir ini bertujuan untuk 1) Menemukan resep produk Red Bewell Steak, 2) menemukan resep produk Bean Cho Cake, 3) mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk Red Bewell Steak dan Bean Cho Cake. Jenis penelitian yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu R&D (Reaserch and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Define adalah tahap menentukan resep acuan, Design adalah tahap pengembangan produk, Develop adalah proses menentukan resep yang baik , Disseminate adalah tahap mengimplementasikan produk yang telah melalui tahap validasi dan disosialisasikan pada saat pameran. Tempat dan waktu penelitian yaitu Laboratorium Boga Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan dari bulan Januari 2016 sampai Mei 2016. Bahan pengujian berupa sampel dari masing-masing produk, sedangkan alat penguji borang percobaan, borang validasi I dan II, borang uji sensoris panelis, dan borang uji kesukaan saat pameran. Hasil yang didapat dari penelitian produk ini adalah : 1) Resep yang tepat produk Red Bewell Steak adalah dengan substitusi kacang merah sebanyak 80% dengan teknik memasak dengan merebus dan diakhiri dengan memasak menggunakan panas kering, kemudian dikemas menggunakan cup alumunium foil. 2) resep yang tepat untuk Bean Cho Cake adalah substitusi tepung kacang merah sebanyak 70% dengan menggunakan metode sponge dan menggunakan teknik olah memasak menggunakan panas kering dan dikemas dengan cup plastik didinginkan dengan refigerator. 3) daya terima masyarakat terhadap produk Red Bewell Steak dan Bean Cho Cake menunjukan bahwa kedua produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Kacang merah, Red Bewell Steak, Bean Cho Cake
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62058

Actions (login required)

View Item View Item