EFEKTIVITAS MANIPULASI EFFLEURAGE TERHADAP TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRES PADA LANSIA DI DUSUN PLUMBON, BANGUNTAPAN, BANTUL

Anwar, Muhammad Nurul (2018) EFEKTIVITAS MANIPULASI EFFLEURAGE TERHADAP TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRES PADA LANSIA DI DUSUN PLUMBON, BANGUNTAPAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Muhammad Nurul Anwar_14603144008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola pikir berlebih dan perasaan cemas pada lansia semakin naik ketika mengalami kelelahan akibat aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas manipulasi effleurage terhadap tingkat depresi, kecemasan dan stres pada lansia di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah Pre-experimental design dengan pendekatan One-Shoot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh lansia laki-laki yang mengikuti perkumpulan di komplek Masjid Al Muhtadin dusun Plumbon, Banguntapan, Bantul. Sampel penelitian ini adalah lansia laki-laki di perkumpulan komplek Masjid Al Muhtadin terdapat 15 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah deskriptif statistik frekuensi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manipulasi effleurage efektif terhadap tingkat depresi, kecemasan dan stres pada lansia di Yogyakarta. Tingkat efektivitas manipulasi effleurage terhadap tingkat depresi pada lansia yang berkategori normal 10 orang atau 66,67%, dan ringan 5 orang atau 33,33%. Efektif untuk tingkat kecemasan berkategori normal 13 orang atau 86,67%, dan parah 2 orang atau 13,33%. Sedangkan untuk tingkat stres yang berkategori normal 13 orang atau 86,67%, dan ringan 2 orang atau 13,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: massage, effleurage, lansia
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62057

Actions (login required)

View Item View Item