EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITY SEBAGAI UPAYA MENGURANGI RENDAH DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 2 KALIMANAH PURBALINGGA

Bachtiar, Aulia Ilham (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITY SEBAGAI UPAYA MENGURANGI RENDAH DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 2 KALIMANAH PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Aulia Ilham Bachtiar (13104241026).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan konseling kelompok realitysebagai upaya mengurangi rasa rendah diri pada peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Kalimanah, Purbalingga. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pre-test post-test design. Desain ini tidak memiliki kelompok pembanding (control group) sehingga peneliti hanya membandingkan keadaan ketika diberi pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kalimanah. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kalimanah Purbalingga yang berjumlah 6 (enam) anak, terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah rasa rendah diri pada peserta didik di sekolah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar angket. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik nonparametris uji Wilcoxon melalui aplikasi SPSS for Windows 16.0 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasa rendah diri yang dialami oleh peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Kalimanah Purbalingga mengalami penurunan setelah diberikan layanan konseling kelompok reality. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.027 < 0.05 dan hasil pre-test maupun post-test mengalami penurunan rata-rata skor rendah diri dari 210 menjadi 166,16 yang dapat dikatakan bahwa layanan konseling kelompok reality efektif dalam menurunkan rasa rendah diri peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Kalimanah Purbalingga. Kata Kunci: Konseling kelompok, tekhnik reality, rendah diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Dec 2018 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62041

Actions (login required)

View Item View Item