PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI I YOGYAKARTA

Hani Fatunisa, Ani (2012) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ani Hani Fatunisa.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemanfaatan perpustakaan digital oleh guru dan siswa di SMAN I Yogyakarta; (2) Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan digital; (3) Solusi untuk kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru, siswa, pustakawan, dan kepala sekolah SMA Negeri I Yogyakarta. Setting penelitian ini adalah SMA Negeri I Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan perpustakaan digital yang dilakukan oleh guru dan siswa diketahui hasil sebagai berikut: Guru dan siswa memanfaatkan perpustakaan digital untuk keperluan pencarian informasi sebagai bahan bacaan, bahan tugas, dan hiburan. Alokasi yang digunakan guru adalah 1-2 kali akses dalam satu bulan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan siswa yaitu 1-12 kali akses dalam satu bulan sesuai dengan kebutuhan. Secara keseluruhan pemanfaatan perpustakaan digital di SMAN 1 Yogyakarta oleh guru dan siswa masih belum maksimal dikarenakan guru dan siswa yang memanfaatkan masih melakukan kegiatan mengakses informasi di area sekolah saja, selain itu masih banyaknya guru dan siswa yang tidak memanfaatkan perpustakaan digital bahkan terdapat siswa yang tidak mengetahui adanya program ini; (2) Kendala yang dihadapi adalah kurangnya jumlah database koleksi digital, jaringan internet belum maksimal, kurangnya motivasi guru dan siswa untuk memanfaatkan perpustakaan digital, dan minimnya pengetahuan tentang teknologi serta tata cara penggunaan perpustakaan digital; (3) Solusi yang diterapkan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah pelatihan IT, penambahan koleksi, penambahan jaringan, dan penambahan unit komputer. Solusi tersebut telah dirancang dalam program perpustakaan digital SMA N I Yogyakarta periode tahun 2011-2013. Pengadaan bedah buku lebih rutin dilakukan, himbauan penambahan koleksi melalui guru, dan penambahan ruangan komputer yang dapat digunakan guru di luar bidang studi TIK. Kata kunci: perpustakaan, pemanfaatan perpustakaan, perpustakaan digital

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item