PENGGUNAAN TEPUNG KACANG MERAH SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PADA ROLKARA (ROLADE TEPUNG KACANG MERAH) DAN MOCAKARA (MOUSE CAKE TEPUNG KACANG MERAH)

Fiftianasari, Desri (2016) PENGGUNAAN TEPUNG KACANG MERAH SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PADA ROLKARA (ROLADE TEPUNG KACANG MERAH) DAN MOCAKARA (MOUSE CAKE TEPUNG KACANG MERAH). D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13512134027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) resep produk Rolkara (Rolade Tepung Kacang Merah) yang tepat, (2) resep produk Mocakara (Mouse Cake Tepung Kacang Merah) yang tepat, (3) penerimaan masyarakat terhadap produk Rolkara (Rolade Tepung Kacang Merah) dan Mocakara (Mouse Cake Tepung Kacang Merah). Jenis penelitian yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu R&D ( Research and Development ) dengan model pengembangan 4D yang meliputi: (1) Define adalah mencari resep acuan dari masing-masin produk yang akan disubstitusi, (2) Design adalah tahap mencari jumlah substitusi tepung mocaf yang tepat untuk masing-masing resepa cuan terpilih, (3) Develop adalah tahap pengembangan resep yang telah dipilih nilai substitusinya serta validasi I dan II, (4) Disseminate adalah tahap publikasi produk hasil kembangan dan rekapitulasi penerimaan produk. Tempat penelitian yaitu Laboratorium Program Studi Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan waktu di mulai dari bulan Januari sampai Juni 2016.Bahan pengujian berupa sampel dari masing-masing produk, sedangkan alat pengujian berupa borang.Data di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) resep yang tepat pada pembuatan produk Rolkara (Rolade Tepung Kacang Merah) dengan substitusi tepung Kacang Merah100%:0% (tepung kacang merah : tepung terigu), menggunakan teknik olah steaming untuk kulit dan deep frying untuk menggoreng, penyajian Rolkara (Rolade Tepung Kacang Merah) menggunakan dinner plate dengan saus blackpapper. (2) resep yang tepat pada pembuatan produk Mocakara (Mouse cake tepung kacang merah) dengan substitusi sebesar 50%:50% (tepung kacang merah: tepung terigu), menggunakan teknik olah baking pada cake dan boiling,untuk mouse Penyajian Mocakara (Mouse cake tepung kacang merah) menggunakan gelas dan dilengkapi topping strawberry .(3) penerimaan masyarakat terhadap Rolkara dilihat dari karakteristik warna 3,54, aroma 3,51, tekstur 3,51 dan rasa 3,60. Penerimaan masyarakat terhadap Mocakara adalah 3,38 untuk warna, 3,35 untuk aroma, 3,54 untuk tekstur dan 3,42 untuk rasa. Dapat diambil kesimpulan bahwa Rolkara dan Mocakara dapat diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Kacang Merah, Tepung kacang Merah, Rolkara dan Mocakara
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:28
Last Modified: 29 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62039

Actions (login required)

View Item View Item