UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PDTO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Arviyanta, Ifranendi (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PDTO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
12504247005.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PDTO dengan menggunakan model pembelajaran Brainstorming di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tiga langkah menurut Kemmis&McTaggart yaitu perencanaan (planning), tindakan dan observasi (acting and observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Brainstorming. Subyek Penelitian adalah peserta didik kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 34 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Brainstorming dan keaktifan belajar peserta didik, serta lembar angket kemandirian belajar. Brainstorming adalah teknik mengajar dengan melontarkan satu masalah kemudian mengembangkan masalah tersebut untuk mendapatkan banyak ide. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif kemandirian belajar dan keaktifan belajar peserta didik. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini yaitu persentase kemandirian belajar dan keaktifan belajar peserta didik minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik yaitu pada pra tindakan 67%, meningkat pada Siklus I menjadi 73,2% dan meningkat pada Siklus II menjadi 80,2%,(2) penerapan model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pra tindakan 29,41%, meningkat pada Siklus I menjadi 52,59% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,47%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming, kemandirian peserta didik dan keaktifan peserta didik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Dec 2018 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62023

Actions (login required)

View Item View Item