PENGGUNAAN TEPUNG TALAS SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU PADA TARO PUTU AYU DAN TEPUNG BERAS PADA TARO FORTUNE CRACKERS

Aryandiah, Chusnia Nugraheni (2016) PENGGUNAAN TEPUNG TALAS SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU PADA TARO PUTU AYU DAN TEPUNG BERAS PADA TARO FORTUNE CRACKERS. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13512134006.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) resep produk Taro Putu Ayu yang tepat, (2) resep produk Taro Fortune Crackers yang tepat, (3) penerimaan masyarakat terhadap produk Taro Putu Ayu dan Taro Fortune Crackers. Jenis penelitian yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang meliputi: (1) Define adalah mencari resep acuan dari masing-masing produk yang akan disubstitusi, (2) Design adalah tahap mencari jumlah substitusi tepung talas yang tepat untuk masing-masing resep acuan terpilih, (3) Develop adalah tahap pengembangan resep yang telah dipilih nilai substitusinya serta validasi I dan II, (4) Disseminate adalah tahap publikasi produk hasil pengembangan dan rekapitulasi penerimaan produk. Tempat dan waktu penelitian yaitu Laboratorium Program Studi Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta di mulai dari bulan Januari sampai Mei 2016.Bahan pengujian berupa sampel dari masingmasing produk, sedangkan alat pengujian berupa borang.Data di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) resep yang tepat pada pembuatan produk Taro Putu Ayu dengan menggunakan tepung talas 100% menggantikan tepung terigu dengan jumlah bahan resep 150 gr tepung talas, 150 gr gula, 2 butir telur, 1 sdt cake emulsifier, 7 sdm bubuk taro dan menggunakan teknik olah steaming. Hasil jadi 1 resep 20 buah. Pengemasan Taro Putu Ayu menggunakan kotak yang didesain khusus. (2) resep yang tepat pada pembuatan produk Taro Fortune Crackers dengan menggunakan tepung talas sebesar 100% menggantikan tepung beras dengan jumlah bahan resep 150 gr tepung talas, 50 gr tepung tapioka, 150 gr gula, 150 ml santan, 3 sdm wijen hitam, 3 sdm keju parut, 2 sdm margarin cair dan menggunakan teknik olah friying pan. Hasil jadi 1 resep yaitu 90 buah. Pengemasan Taro Fortune Crackers mengggunakan kemasan yang didesain khusus. 3) penerimaan masyarakat terhadap Taro Putu Ayu dilihat dari karakteristik warna 3.42, aroma 3.38, tekstur 3.59, rasa 3.45 dan keseluruhan mendapat penilaain 3.54. Penerimaan masyarakat terhadap Taro Fortune Crackers adalah 3.64 untuk warna, 3.56 untuk aroma, 3.61 untuk tekstur , 3.71 untuk rasa dan 3.66 untuk keseluruhan. Dapat diambil kesimpulan bahwa Taro Putu Ayu dan Taro Fortune Crackers dapat diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Talas, Tepung Talas, Taro Putu Ayu dan Taro Fortune Crackers
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Dec 2018 01:53
Last Modified: 29 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62017

Actions (login required)

View Item View Item