KONTRIBUSI INTENSITAS SISWA MENGIKUTI KEGIATAN OSIS TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP NEGERI SE KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Muktiyanti, Veri (2012) KONTRIBUSI INTENSITAS SISWA MENGIKUTI KEGIATAN OSIS TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP NEGERI SE KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Veri Muktiyanti.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan OSIS di SMP Negeri se Kecamatan Depok. (2) Kepemimpinan yang dimiliki siswa di SMP Negeri se Kecamatan Depok. (3) Kontribusi intensitas siswa mengikuti kegiatan OSIS terhadap kepemimpinan siswa di SMP Negeri se Kecamatan Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah pengurus OSIS di SMP Negeri se-Kecamatan Depok yang berjumlah 114 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Instrumen ini telah diuji menggunakan validitas isi dan teruji reliabilitasnya. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas hubungan telah terpenuhi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan OSIS di SMP Negeri se Kecamatan Depok masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase perolehan skor total sebesar 70,58%. (2) Kepemimpinan yang dimiliki siswa di SMP Negeri se Kecamatan Depok masuk dalam kategori tinggi, dengan persentase perolehan skor total sebesar 77,54%. (3) Intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan OSIS memberikan kontribusi terhadap kepemimpinan siswa sebesar 43%. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis diperoleh koefisien determinan (R²) sebesar 0,430 dan koefisien regresi R sebesar 0,656. Hal ini berarti intensitas siswa mengikuti kegiatan OSIS memberikan kontribusi sebesar 43% terhadap kepemimpinan, sedangkan selebihnya yaitu 57% dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, antara lain; lingkungan keluarga, pergaulan, kepribadian, atau kegiatan ekstrakurikuler. Kata kunci: Kegiatan OSIS, Kepemimpinan Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item