LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Romy, Romy (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Potensi Mahasiswa sangat penting untuk menempuh Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta, dan merupakan suatu kewajiban yang harus diikuti seluruh Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil jurusan kependidikan. Program PLT ini merupakan suatu bentuk pengaplikasian ilmu pengetahuan dibangku kuliah dan pengabdian dimasyarakat dimana lingkungan sekolah adalah sebagai sasarannya. Selain itu program PLT juga merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat sekolah dan membantu mengembangkan sekolah yang menujang proses pembelajaran. Ada pun tujuan PLT ini adalah memberi bekal kepada mahasiswa untuk menjadi calon guru yang professional selain itu juga membantu menggali permasalahan siswa disekolah, sebagai tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan program pembangunan dilingkungan sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK N 2 Magelang, dengan alamat di Jalan Jendral A. Yani 135 A, Magelang Utara. Kegiatan ini dimulai secara efektif pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Praktik Lapangan Terbimbing adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Dalam praktik PLT ini perlu dilakukan persiapan kegiatan pembelajaraan seperti pembuatan RPP, administrasi pendidik, serta media pembelajaran. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar semua kelas di SMK N 2 Magelang dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran Penjaskes. Adapun alokasi waktu mengajar mata pelajaran Penjaskes adalah 3 x 45 menit untuk kelas XI dn XII, sedangkan kelas X alokasi waktunya adalah 2 x 45 menit. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMK N 2 Magelang. PLT di SMP N 3 Magelang berjalan dengan baik dan lancar, dan sebaiknya keberhasilan pelaksanaan PLT dapat ditingkatkan melalui jalinan komunikasi dan kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dan SMK N 2 Magelang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT,UNY, SMK N 2 Magelang,KegiatanPembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2018 00:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62007

Actions (login required)

View Item View Item