PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

AfwanMubarok, Adhi (2012) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Abstak Adi Afwan Mubarok.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter anak jalanan melalui program pendidikan agama Islam di Rumah Singgah Ahmad Dahlan dan (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter anak jalanan melalui program pendidikan agama Islam di Rumah Singgah Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembina, anak jalanan, dan pengelola Rumah Singgah Ahmad Dahlan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan karakter anak jalanan melalui program pendidikan agama Islam di Rumah Singgah Ahmad Dahlan dilaksanakan dengan melalui perencanaan yang melibatkan beberapa faktor antara lain pendidik, sasaran warga belajar, fasilitas belajar, dan kurikulum. Pelaksanaan setiap satu minggu sekali, materi kegiatan seperti penjelasan mengenai tingkah laku dan pendidikan karakter yang baik di masyarakat serta belajar shalat, mengaji atau hafalan surat-surat pendek. Evaluasi program setiap tiga bulan sekali dengan hasil yaitu tambahan ilmu dari materi-materi yang telah diberikan serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Faktor pendukung yaitu: tersedianya alat-alat ibadah, ada volunter yang peduli terkait dengan program di Rumah Singgah Ahmad Dahlan, orang tua anak jalanan yang sangat mendukung. 3) Faktor penghambatnya antara lain: kondisi psikis anak jalanan yang masih labil sehingga dapat mengganggu jalannya kegiatan, disiplin waktu yang kurang konsisten pendidik, motivasi anak jalanan belum stabil untuk ikut kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu untuk ditingkatkan dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pengelolaan pembelajaran yang lebih terencana dan perlu dukungan dari stakeholder serta peran dari lembaga terkait. Kata kunci: Pendidikan karakter, anak jalanan, pendidikan agama Islam, Rumah Singgah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item