Efektivitas Kombinasi Stretching PNF dan Cryotherapy dalam Pencegahan DOMS pada Ekstremitas Bawah.

Rizqi, Faiq Yuhda Miftakhul (2018) Efektivitas Kombinasi Stretching PNF dan Cryotherapy dalam Pencegahan DOMS pada Ekstremitas Bawah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-faiq yuhda miftakhul rizqi-16711251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi stretching PNF dan cryotherapy dalam pencegahan DOMS pada ekstremitas bawah. Indikator terjadinya DOMS dilihat dari rasa nyeri, fungsi ekstremitas bawah, derajat range of motion (ROM) dan kadar creatin kinase (CK) dalam darah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan subjek penelitian siswa SMK N 2 Yogyakarta. Penentuan Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow, Sampel pada kelompok treatment 20 orang dan pada kelompok kontrol 19 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah VAS, LEFS, Goniometer, dan untuk kadar CK dilakukan analis laboratorium. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya DOMS pada ekstremitas bawah. ROM pada kedua kelompok setelah melakukan induksi latihan pemicu DOMS mengalami penurunan yang signifikan khususnya pada ROM panggul (p<0,05), tetapi perurunan pada kelompok treatment lebih sedikit jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nyeri pada kedua meningkat setelah adanya induksi latihan pemicu DOMS, tetapi pada kelompok treatment nyeri yang dirasakan lebih ringan dibandingkan dengan kelompok kontrol (p=0,01). Skala fungsi setelah induksi latihan pemicu DOMS menurun pada kedua kelompok, tetapi penurunan skala fungsi pada kelompok treatment lebih sedikit dibandingkan kelompok kontrol (p=0,00). Kadar CK setelah induksi latihan pemicu DOMS meningkat pada kedua kelompok. Peningkatan kadar CK pada kelompok kontrol lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok treatment, namun perbedaan tersebut tidak signifikan (p>0,05). Kombinasi stretching PNF dan cryotherapy belum efektif dalam mencegah terjadinya DOMS, tetapi dapat meringankan/meminimalkan terjadinya DOMS

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: delayed onset muscle soreness, stretching pnf, cryotherapy, range of motion, nyeri, fungsi ekstremitas bawah, creatine kinase.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:56
Last Modified: 10 Jan 2022 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61991

Actions (login required)

View Item View Item