PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK MAARIF 2 SLEMAN

Nurmalasari, Arifah (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK MAARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14511244015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat motivasi belajar siswa dalam belajar boga dasar; (2) Tingkat disiplin belajar siswa dalam belajar boga dasar; (3) Tingkat hasil belajar siswa pelajaran boga dasar; (4) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMK Ma‟arif 2 Sleman pada mata pelajaran boga dasar ; (5) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMK Ma‟arif 2 Sleman pada mata pelajaran boga dasar; dan (6) Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMK Ma‟arif 2 Sleman pada mata pelajaran boga dasar Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan populasi penelitian sebanyak 102 dengan sampel penelitian diambil sebanyak 80 siswa kelas X Boga 1, X Boga 2, X Boga 3 dengan perhitungan rumus Issac Michael. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Uji coba instrumen dilakukan kepada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat motivasi belajar termasuk ke dalam kategori cukup; (2) Tingkat disiplin belajar termasuk ke dalam kategori tinggi; (3) Tingkat hasil belajar mata pelajaran boga dasar termasuk ke dalam kategori cukup; (4) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran siswa kelas X Tata Boga SMK Ma‟arif 2 Sleman dengan nilai thitung sebesar 2,126 > ttabel sebesar 1,991; (5) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran siswa kelas X Tata Boga SMK Ma‟arif 2 Sleman thitung sebesar 2,253> ttabel sebesar 1,991; dan (6) Tidak ada pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersamasama terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMK Ma‟arif 2 Sleman dengan nilai Ry1,2= 0,265 > 0,220 rtabel serta nilai Fhitung 2, 898 < 3,1 Ftabel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Dec 2018 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61981

Actions (login required)

View Item View Item