PENERAPAN PESAN UMUM GIZI SEIMBANG DALAM PEMELIHARAAN KESEHATAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS NGLUWAR

Wulandari,, Hesti (2018) PENERAPAN PESAN UMUM GIZI SEIMBANG DALAM PEMELIHARAAN KESEHATAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS NGLUWAR. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14511241003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1) pengetahuan tentang hipertensi pada penderita hipertensi di Puskesmas Ngluwar, 2) penerapan pesan umum gizi seimbang oleh penderita hipertensi di Puskesmas Ngluwar. Jenis penelitian ini adalah survei. Tempat dan waktu penelitian adalah di Puskesmas Ngluwar pada bulan Agustus-September 2018. Populasi penelitian adalah penderita hipertensi di Puskesmas Ngluwar sebanyak 186 orang. Pengambilan sampel penelitiaan sebanyak 65 orang secara simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner terbuka, dan wawancara. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan validitas konstruk dan kruder richardson 20 dengan menggunakan program ITEMAN versi 4.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan penderita hipertensi tentang hipertensi adalah 36 orang (55,4%) masuk dalam kategori baik, 23 orang (35,4%) dengan kategori sedang, dan 6 orang (9,2%) masuk dalam kategori kurang. Secara keseluruhan pengetahuan tentang hipertensi pada penderita hipertensi di Puskesmas Ngluwar berada pada kategori sedang (77,8%); 2) penerapan pesan umum gizi seimbang pada penderita hipertensi di Puskesmas Ngluwar yang memiliki kategori kurang menerapkan sebanyak 13 orang (20%), menerapkan sebanyak 46 orang (70,8%), dan menerapkan dengan baik sebanyak 6 orang (9,2%). Secara keseluruhan penerapan pesan umum gizi seimbang pada penderita hipertensi di Puskesmas Ngluwar berada pada kategori menerapkan (68%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pesan Umum Gizi Seimbang, Hipertensi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Dec 2018 08:12
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61980

Actions (login required)

View Item View Item