LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) III UNIVERSITAS NEGEI YOGYAKARTA LOKASI : SD NEGERI BACIRO

Marwiyati, Erwin (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) III UNIVERSITAS NEGEI YOGYAKARTA LOKASI : SD NEGERI BACIRO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PLB 14103241031 Erwin Marwiyati.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mensyaratkan mahasiswanya untuk melakukan praktik mengajar terbimbing atau disebut juga dengan praktek lapangan terbimbing (PLT). Praktek Lapangan Terbimbing dilakuklan selama dua bulan, terbilang mulai tanggal 15 September hingga 14 November 2017. Lokasi PLT saya yaitu di SD N Baciro Yogyakarta. Sekolah tersebut menyelenggarakan program inklusi, dimana siswa berkebutuhan khusus bergabung dengan siswa-siswi normal lainya. Sebelum melakukan PLT III/ Magang III maasiswa telah melaksanakan Magang II, dimana Magang II mahasiswa PLB melakukan Asesmen pada siswa inklusi atau anak berkebutuhan khusus. Asesmen merupakan langkah yang ditembuh seorang guru PLB atau GPK sebelum memberikan pelayanan atau pembelajaran bagi siswa inklusi atau ABK. Kegiatan asesmen yang telah dilakukan antara lain, mencari informasi latar belakang keluarga anak melalui wawancara guru, mencari informasi terkait IQ anak dari data yang ada dan dengan melakukan tes IQ di Lab PLB UNY, Observasi kemampuan akademik anak dengan melakukan tes CBA, dll. Setelah hasil asesmen didapatkan, mahasiswa dapat menentukan program pembelajaran yang sesuai untuk anak, media yang sesuai dan akomodasi pembelajaran yang diperlukan. Selesai Magang II mahasiswa harus mampu membuat PPI dan RPI untuk diterapkan panda saat magang III atau PLT 2017. Dikarenakan keberagaman yang ada dalam satu kelas, proses pembelajaran atau penerapan RPI dilakukan dengan cara pull out atau menarik anak keluar kelas. Hal tersebut dilakukan karena RPI hanya diperuntukan untuk satu orang anak saja yang sudah di asesmen, sehingga untuk memaksimalkan perkembangan dan peningkatan anak siswa harus ditarik dari kelas. Semua program PLT tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan dari rekan-rekan dan segenap guru serta karyawan SD N Baciro Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Asesmen, inklusi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61975

Actions (login required)

View Item View Item