LAPORAN AKHIR PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SD NEGERI BACIRO

Ahmad As’ari, Irkaman and Nur Ardhiyani, Iffah and Nurainingtias, Pramestiara Yayang and Nurdianto, Rahmat and Nurhasanah, Avrilia and Kurniyanti, Dian and Fauziah, Ani and Cholifatin, Nurul Afifah and Munaimah, Riski (2017) LAPORAN AKHIR PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SD NEGERI BACIRO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir PLT PGSD SD Negeri Baciro.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program PLT Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2017 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Praktik Lapangan Terbimbing memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan. SD Negeri Baciro Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PLT pada tahun 2017. Tujuan dari progran PLT adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang managerial pembelajaran di sekolah dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan. Program PLT ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Oktober 2017 sampai tanggal 13 Oktober 2017 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2017 sampai tanggal 27 Oktober 2017. Selain itu, terdapat ujian praktik mengajar yang dilaksanakan mulai 1 November 2017 sampai 10 November 2017. Praktik mengajar meliputi konsultasi dengan guru kelas, mencari materi, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PLT meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PLT meliputi observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian serta program lain yang telah direncanakan sebelumnya. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi, secara umum peserta dapat melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada khususnya. Pelaksanaan program PLT di SD Negeri Baciro Yogyakarta berjalan dengan baik. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PLT di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD Negeri Baciro, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61962

Actions (login required)

View Item View Item