Estetika Eksperimental Ogoh-ogoh dan Implementasinya pada Kreativitas Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi Siswa SMK Bopkri 1 Yogyakarta

Ganika, Made Aditya Abhi (2018) Estetika Eksperimental Ogoh-ogoh dan Implementasinya pada Kreativitas Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi Siswa SMK Bopkri 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-made-aditya-abhi-ganika.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsiskan Estetika eksperimental Ogoh- ogoh patung Ogoh-ogoh dan mendeskripsikan hasil implementasi Ogoh-ogoh pada kreativitas berkarya seni rupa tiga dimensi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif penelitian mendeskripsikan penciptaan Ogoh-ogoh pada rangkaian hari raya Nyepi tahun 2018 di Pura Jagatnatha, Sorowajan, Banguntapan, Bantul, DIY. Implementasu teknik penciptaan di laksanakan pada pembelajaran seni rupa tiga dimensi di SMK BOPKRI 1 Yogyakarta, Terban, Gondokusuman. Data di kumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Ide penciptaan Ogoh-ogoh di mulai dari studi pustaka tentang Upacara Hari Raya. Proses penciptaan meliputi tahapan membuat rancangan sketsa Ogoh-ogoh, membuat kerangka dengan menggunakan bahan dari besi atau kayu yang berfungsi sebagai penyangga Ogoh-ogoh kemudian membentuk rangka dasar dengan menggunakan styrofoam atau bambu, melapisi rangka body menggunakan kertas agar body Ogoh-ogoh mudah untuk diwarna menggunakan cat. dengan bentuk mata melotot, gigi tajam, badan besar yang merupakan tanda keberadaan sifat-sifat jahat dalam diri manusia. (2) Tema konsep dan teknik Penciptaan Ogoh-ogoh di implementasikan pada pembelajaran seni rupa tiga dimensi di SMK BOPKRI 1 Yogyakarta. Peserta didik menciptakan bentuk patung dengan teknik butsir dengan media tanah liat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: estetika, eksperimental, kreativitas, Ogoh-ogoh, seni rupa tiga dimensi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:33
Last Modified: 09 May 2019 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61956

Actions (login required)

View Item View Item