PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS XI SMK SMTI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR, TAHUN AJARAN 2017/2018

Hasanah, Vivi Nur (2018) PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS XI SMK SMTI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR, TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Vivi Nur Hasanah_12104241057.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalan untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas XI SMK SMTI Yogyakarta menggunakan konseling kelompok rational emotive behaviour. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Subyek pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive, dimana subyek yang dipilih berkriteria memiliki penerimaan diri rendah.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan kuisioner. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan skala penerimaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan penentuan kategorisasi. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan data pre-test tingkat penerimaan diri sebesar 63% dan setelah siklus I tingkat penerimaan diri sebesar 75%. Hal tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan penerimaan diri sebesar 12%. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan perubahan pada perasaan dan pemikiran subyek. Kesimpulan pada penelitian ini adalah konseling kelompok rational emotive behaviour dilakukan dengan teknik kognitif, melalui restrukturisasi kognitif, psycho educational, mengajarkan konsep teori ABC dan mendebat keyakinan irasional untuk meningkatkan penerimaan diri siswa SMK SMTI Yogyakarta. Kata kunci: penerimaan diri, konseling kelompok, rational emotive behaviour.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:42
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61951

Actions (login required)

View Item View Item