IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 4 NGAGLIK (Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab dan Dampak Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik)

Pangarsa, Nara Jati (2018) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 4 NGAGLIK (Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab dan Dampak Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NARA JATI PANGARSA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena akhir-akhir ini banyak muncul perilaku agresif di kalangan pelajar. Hal tersebut menimbulkan dampak yang tidak baik bagi pelaku maupun bagi korban dari pelaku perilaku agresif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik namun bukan seluruhnya melainkan sebanyak 3 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi yang kemudian ditriangulasikan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku agresif siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik beragam meliputi faktor psikologis, frustrasi, teman sebaya, keluarga dan lingkungan. Dampak yang dialami oleh siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik meliputi tiga aspek yaitu aspek pribadi, aspek sosial dan aspek belajar. Aspek pribadi, dampak yang muncul adalah perubahan rasa percaya diri seseorang akibat perilaku agresif yang dimilikinya. Aspek sosial adalah tanggapan dan perlakuan yang hampir sama terhadap ketiga subjek. Aspek belajar, dampak yang dialami oleh subjek beragam. Kata kunci: perilaku agresif, remaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:12
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61949

Actions (login required)

View Item View Item