EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM PENGENALAN SAINS SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 46 TUNAS MEKAR YOGYAKARTA

Whennayu Milla, Astiningsih (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM PENGENALAN SAINS SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 46 TUNAS MEKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Whennayu Milla Astiningsih_14111241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains dengan model Guided discovery terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK PKK 46 Tunas Mekar Yogyakarta. Pembelajaran sains yang dilakukan di TK PKK 46 Tunas mekar belum optimal karena pembelajaran belum memberikan contoh langsung. Penelitiann ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group, sehingga terdapat dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di TK PKK 46 Tunas Mekar Yogyakarta. Subjek terdiri atas 16 anak sebagai kelompok eksperimen, 16 anak sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran sains dengan model guided discovery, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Pengumpulan data menggunakan tes lisan dan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan di uji dengan statistik uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan untuk melihat perbedaan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan dari pembelajaran sains dengan model guided discovery terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK PKK 46 Tunas Mekar Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan uji paired sample t-test pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Signifikansi pada kelompok eksperimen 0,000, sedangkan kelompok kontrol 0,196. Yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan perkembangan kognitif dalam pembelajaran sains dengan menggunakan model guided discovery. Selain uji paired sample t-test peneliti juga menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya terdapat perbedaan skor yang signifikan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran sains yang menggunakan model guided discovery dan tidak melakukan pembelajaran sains dengan model guided discovery. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pembelajaran sains dengan model guided discovery terdapat perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Model Guided discovery, Perkembangan kognitf

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61944

Actions (login required)

View Item View Item