HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN SEKOLAH PADA SISWA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Nurani, Rufaida Dwi (2018) HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN SEKOLAH PADA SISWA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
RUFAIDA DWI NURANI_13104244001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan negatif antara konformitas teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta, (2) hubungan positif antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta, (3) hubungan secara bersamaan antara konformitas teman sebaya dan kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 291 orang dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa skala konformitas teman sebaya, skala kontrol diri, dan skala kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Uji normalitas menunjukkan ketiga variabel memiliki distribusi normal, yaitu nilai signifikansi > 0,05. Uji linearitas menunjukkan nilai signifikansi 0,330 pada variabel konformitas teman sebaya dan nilai signifikansi 0,697 pada variabel kontrol diri. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis korelasi berganda dengan bantuan Software SPSS Version 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan negatif antara konformitas teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan nilai signifikansi 0,000; (2) terdapat hubungan positif antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan nilai signifikansi 0,000; dan (3) terdapat hubungan secara bersamaan antara konformitas teman sebaya dan kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan nilai Sig. F Change sebesar 0,000. kata kunci: konformitas teman sebaya, kontrol diri, kepatuhan terhadap peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61943

Actions (login required)

View Item View Item