PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PPRIMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DI KELAS X BUSANA BUTIK SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

WINA RISKA, WIDYAPUSPA (2012) PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PPRIMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DI KELAS X BUSANA BUTIK SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wina Riska Widyapuspa-08513241033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada kompetensi dasar “Memberikan Bantuan untuk Pelanggan Internal dan Eksternal” mata diklat Pelayanan Prima di Kelas X Busana Butik SMK Negeri 6 Yogyakarta, 2) mengetahui peningkatan kompetensi belajar siswa pada kompetensi dasar “Memberikan Bantuan untuk Pelanggan Internal dan Eksternal” mata diklat Pelayanan Prima di Kelas X Busana Butik SMK Negeri 6 Yogyakarta setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Pada Penelitian Tindakan Kelas menurut model Hopkins ini subjek penelitiannya adalah siswa Kelas X Busana Butik II SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan melalui empat tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, instrumen berupa lembar observasi numerical rating scale dan soal tes. Validitas instrumen lembar observasi diuji melalui uji validitas konstruk, uji antar-rater, sedangkan reliabilitasnya diuji dengan skor antar-rater. Untuk instrumen soal tes validitasnya diuji melalui uji validitas konstruk dan isi, kemudian dihitung korelasi butir soalnya dengan rumus korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitasnya dihitung dengan rumus KR-20. Pada tahap tindakan peneliti berkolaborasi dengan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Tahap pengamatan dilakukan oleh peneliti bersama guru dan rekan sejawat untuk melihat pelaksanaan penerapan model pembelajaran yang telah dilaksanakan dan untuk mengetahui peningkatan kompetensi belajar siswa. Hasil pengamatan tersebut direfleksikan oleh peneliti dan guru untuk mempertahankan atau memperbaiki perencanaan yang akan diterapkan pada tahap tindakan penelitian siklus berikutnya. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang diprosentasekan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2012 sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan pada jam pelajaran 1-2 dengan alokasi waktu selama 2x45 menit. Pada penelitian tindakan kelas ini model pembelajaran Course Review Horay diterapkan dalam enam langkah yaitu menyampaikan tujuan dan pengkondisian siswa, penyajian informasi, pengorganisasian siswa ke dalam kelompok belajar, membantu kerja tim dan belajar, evaluasi, sampai dengan memberikan pengakuan atau penghargaan kepada siswa. Melalui penerapan model pembelajaran ini siswa menjadi semangat dan antusias untuk belajar di dalam kelas. Selain itu kompetensi belajar siswa juga meningkat, hal ini ditunjukkan dengan prosentase pencapaian KKM yang meningkat dari 63,9% pada pra siklus menjadi 88,9% pada siklus pertama. Kemudian pada siklus kedua prosentase pencapaian KKM dapat diraih oleh 100% siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2012 15:24
Last Modified: 29 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6193

Actions (login required)

View Item View Item