PENERAPAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA ANAK ISLAM KRAPYAK (BAIK) SEWON BANTUL

Retno, Palupi (2018) PENERAPAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA ANAK ISLAM KRAPYAK (BAIK) SEWON BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Retno Palupi_14111241055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pengembangan nilai agama di TK Bina Anak Islam Krapyak Sewon Bantul. Pengembangan nilai agama pada penelitian ini berfokus pada pengembangan nilai agama anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TK Bina Anak Islam Krapyak dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Alasan dan sejarah TK Bina Anak Islam Krapyak menerapkan pendidikan keimanan dan ketaqwaan adalah TK ini ingin menjadikan pendidikan keimanan dan ketaqwaan sebagai icon dari sekolah; 2) Pengembangan nilai agama yang ditanamkan di TK ini menggunakan berbagai macam metode untuk mencapai indikator pengembangan nilai agama anak usia 5-6 tahun. 3) Pihak yang berperan dalam pengembangan nilai agama ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak; 4) Faktor pendukung pelaksanaan pengembangan nilai agama ini adalah pendidik berkompetensi, komunikasi pendidik dan orang tua, sarana dan prasarana yang mendukung, serta adanya kegiatan parenting; 5) Faktor penghambat pelaksanaan pengembangan nilai agama adalah lingkungan masyarakat yang belum menerapkan pengembangan nilai agama , lingkungan keluarga yang belum konsisten menerapkan pengembangan nilai agama , tayangan yang tidak mendidik dan kesalahan dalam penggunaan gadget. Kata kunci: pengembangan nilai agama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61927

Actions (login required)

View Item View Item