LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Mustika, Trima (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRIMA MUSTIKA_14405241065_PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu usaha dalam peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan PLT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Yogyakarta selama kurang lebih dua bulan terhitung mulai tanggal 18 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sebelum memulai kegiatan PLT, mahasiswa harus melakukan obeservasi atau pengamatan pembelajaran di salah satu kelas yang nantinya akan menjadi tempat praktik mengajar. Kegiatan observasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keadaan lokasi pelaksanaan PLT, baik potensi maupun kekurangan yang dimiliki sehingga setiap mahasiswa dapat merencanakan program PLT yang sesuai dengan lokasi tersebut. Hasil observasi juga digunakan sebagai pertimbangan dalam penyusunan administrasi pembelajaran seperti pemilihan metode mengajar (tertuang dalam RPP), penyusunan program semester (Prosem) dan program tahunan (Prota) dan lain-lain.Semua rancangan program tersebut secara garis besar berhasil dilaksanakan. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 5 Oktober sampai dengan 11 November 2017, dilakukan sebanyak total 12 kali pertemuan di kelas XI IPS 1. Materi yang disampaikan total terdapat 2 KD (Kompetensi Dasar) dengan rincian: materi potensi, persebaran dan pengelolaan sumberdaya hutan, tambang, kelautan dan pariwisata sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan dan materi ketahanan pangan. Metode pembelajaran yang digunakan selama pelaksanaan PLT disesuaikan dengan kondisi kelas, apabila pembelajarn dilaksanakan pada siang hari maka metode yang digunakan berbasis games yang menuntut siswa untuk aktif bergerak sedangkan apabila pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari maka dapat menggunakan metode diskusi dan lain-lain. Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 11 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61926

Actions (login required)

View Item View Item