LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Ekasary, Rosalyna Indah (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ROSALYNA INDAH E_1440524402_PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasisswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PLT diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PLT, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PLT dilaksanakan di SMA Negeri 11 Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 18 September 2017 hingga tanggal 15 November 2017. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PLT selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agenda-agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PLT diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMA Negeri 11 Yogyakarta dari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi, LCD, Soundsystem, kipas angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang diseluruh ruangan kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMA Negeri 11 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah favorit yang telah mengeluarkan SDM yang berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswasiswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Selama proses kegiatan PLT, penulis didampingi oleh Bapak Sihana, S.Pd., M.Sc selaku guru mata pelajaran Geografi dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulis mendapatkan pembagian tugas mengajar kelas utama yaitu di kelas X1 IPS 2. Berdasarkan hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman mengajar sejumlah 11 kali tatap muka dengan total alokasi waktu sejumlah 22 jam selama PLT di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Adapun keseluruhan jumlah jam yang telah terlaksana sesuai dengan matriks program kerja individu PLT tahun 2017 sejumlah kurang lebih 320 jam yang meliputi dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi serta pembuatan laporan PPL

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Geografi, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61922

Actions (login required)

View Item View Item