LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 YOGYAKARTA

Setiyaningsih, Rahayu (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAHAYU SETIYANINGSIH_14001241003_PKnH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan langsung terjun ke lembaga atau sekolah untuk mendapatkan pengalaman sebagai seorang guru serta mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas dimasa depan. Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Yogyakarta (SMA Negeri 11 Yogyakarta) JL. AM Sangaji No. 50 Jetis, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). SMA Negeri 11 Yogyakarta merupakan sekolah dengan nuansa kebangsaan, sekolah hijau dan memiliki kegiatan ekstrakulikuler yang banyak untuk Peserta Didik. Peserta Didik aktif dalam kegiatan pembelajaran dan non pembelajaran. Banyak Peserta Didik yang mengoptimalkan fasilitas-fasilitas dan komunitas yang ada di sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Selain itu, kegiatan kerohanian juga dilangsungkan dengan baik oleh pihak sekolah, yaitu dengan kegiatan afeksi setiap hari Jum’at. PLT di SMAN 11 Yogyakarta ini berlangsung mulai tanggal 18 September 2017 – 15 November 2017 dalam pembelajaran mata pelajaran PPKn untuk kelas X IPA 1 dan X IPS 1. Kegiatan PLT dilaksanakan mulai dari Observasi, menyusun administrasi berupa pengitungan hari/jam efektif, program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran dan analisis hasil belajar siswa. Di samping itu kegiatan nonpembelajaran juga dilaksanakan antara lain piket 3S (Senyum, Salam, Sapa), Piket perpustakaan, dan piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), serta kegiatan administrasi. Secara umum, pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMA Negeri 11 Yogyakarta berjalan dengan lancar sesuai dengan program yang telah disusun. Hal ini dikarenakan adanya koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik antara praktikan dengan pihak - pihak diantaranya adalah dosen pembimbing, guru pembimbing, Peserta Didik, dan teman-teman mahasiswa PLT walaupun terdapat beberapa hambatan yang ditemui oleh praktikan, seperti kesulitan menghafal nama peserta didik, peserta didik yang ramai sendiri. Solusi dalam mengatasi kesulitan menghafal nama peserta didik, praktikan selalu melakukan presensi sebelum pembelajaran dimulai. Ketika peserta didik ramai sendiri, praktikan memberikan aktivitas berupa penugasan kepada peserta didik agar fokus ke pembalajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61917

Actions (login required)

View Item View Item