IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS OTOMOTIF KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Herwanto, Aprista (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS OTOMOTIF KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_APRISTA HERWANTO_12504244026.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Chasis Otomotif secara kognitif dan proses pembelajaran pada peserta didik kelas XI TKR 4 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Upaya peningkatan prestasi belajar tersebut dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK),dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas XI TKR 4 dengan jumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar mata pelajaran Chasis Otomotif melalui implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match pada kompetensi sistem rem. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes yang digunakan yaitu tes kognitif melalui prestest dan posttest. Observasi dilakukan untuk mengamati sikap dan aktivitas siswa serta aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest yaitu sebesar 62,00 menjadi 79,96 pada nilai rata-rata posttest. Setelah dilakukan perhitungan Uji-t terhadap peningkatan prestasi belajar, didapatkan hasil sebesar 8,2892. Dari hasil tersebut dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,9265, sehingga hasil perbandingannya adalah 8,2892 > 1,9265 atau thitung > ttabel. Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran tipe Index Card Match dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Chasis Otomotif kompetensi sistem rem kelas XI TKR 4 Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, Index Card Match, prestasi belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Dec 2018 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61898

Actions (login required)

View Item View Item