Jesika, Amanda (2017) KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
JESIKA AMANDA_14804244009_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Praktek Lapangan Terbimbing (PLT)) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PLT ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebgai tenaga pendidik. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMA Negeri 11 Yogyakarta, yang dilaksanakan dari tanggal 18 September 2017 hingga 15 November 2017. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PLT ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran kelas sebanyak 14 kali dalam satu kelas, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 6 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain scientific, problem based learning, think pair share, ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain power point, gambar, video dan artikel. Selama proses pembelajaran praktikan juga mengalami beberapa hambatan seperti peserta didik yang terlalu ramai. Namun semua itu dapat praktikan kendalikan dengan baik sehingga tidak terlalu memperngaruhi kegiatan PLT. Adanya kegiatan PLT ini, praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja kerasa dan disiplin akan sangat mendukung teraksananya program-program PLT dengan suskes. Dengan terlesesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 06:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61889 |
Actions (login required)
View Item |