LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Hindun, Hidayatun Na’imah (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HINDUN HIDAYATUN_14304241013_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk memmahasiswa beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PLT ini mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMA N 11 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 18 September-15 November 2017. Sebelum melakukan PLT, kelompok kami melakukan observasi untuk mengetahui kondisi sekolah, selanjutnya menyusun program kerja PLT ayang sesuai dengan hasil observasi. Program kerja PLT diantaranya mulai dari pembuatan program PLT, penerjunan PLT, Administrasi Pembelajaran/ Guru, Kegiatan Mengajar Terbimbing, dan kegiatan non mengajar. Kegaiatan administrasi pembelajaran meliputi buku induk dan buku leger, silabus, prota, prosem. Kegiatan mengajar meliputi persiapan diantaranya membuat RPP, mengumpulkan materi, menyusun materi, menyiapkan media, kosultasi dengan guru pamong; serta mengajar terbimbing dan mandiri meliputi praktik mengajar di kelas dan evaluasi. Selain melakukan pembelajaran, mahasiswa juga melakukan kegiatan non mengajar diantaranya Piket 3S, Piket KBM, Koordinasi dengan guru pamong, Penentuan jadwal piket, Pengepakan lembar jawab PTS, Penyampulan dan pengecapan buku perpustakaan, Pembagian Administrasi PTS, Pengawasan PTS, Input data guru, Upacara, Inventarisasi buku perpus, Pembuatan dan Pemilahan Soal Ulangan Harian, Koreksi Lembar Jawab Siswa, Analisis Butir Soal, Observasi kelas, Diskusi antar teman, Penilaian antar teman, Persiapan dan bersih lab, dan pembuatan Biopori. Mahasiswa melaksanakan PLT dengan mencapai target yang ditentukan yaitu lebih dari 8 kali pertemuan dengan waktu keseluruhan lebih dari 254 jam. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Mahasiswa juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk memmahasiswa bekal yang telah diperoleh selama perkuliah ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Program PLT, SMA N 11 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Dec 2018 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61888

Actions (login required)

View Item View Item