PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA N 11 YOGYAKARTA

Dwi, Harmini (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA N 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI HARMINI_14405244025_PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai sebuah program yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester akhir (Tujuh) yaitu program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai kegiatan menyangkut profesinya sebagai tenaga pendidik. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah. Pelaksanaan PLT bertempat di SMA N 11 Yogyakarta, dengan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non-fisik sesuai ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa. Kegiatan atau program PLT dilaksanakan mulai tanggal 18 September 2017 sampai dengan 18 November 2017. Rangkaian kegiatan PLT terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan perangkat pembelajaran, pengadaan silabus, membuat pogram tahunan, program semester dan RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PLT meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang pelaksanaannya berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PLT di SMA N 11 Yogyakarta antara lain praktik mengajar sebanyak 12 kali tatap muka pertemuan di kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 serta melaksanakn program insidental yaitu melakukan presensi disetiap kelas, piket kegiatan belajar mengajar, piket bersalaman dengan siswa dipagi hari dan beberapa kegiatan lainnya. Kegiatan PLT memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata.Pelaksanaan PLT ini tentu bermanfaat untuk praktikan, meskipun tidak jarang praktikan mengalami beberapa hambatan-hambatan saat melaksanakan rangkaian kegiatan PLT. Terdapat pula kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan PLT namun praktikan selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi kelemahan yang dihadapi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT, SMA N 11 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Dec 2018 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61887

Actions (login required)

View Item View Item