IDENTIFIKASI KONTROL DIRI DAN ASERTIVITAS DIRI ANGGOTA GENG SEKOLAH

Wulandari, Nurul (2018) IDENTIFIKASI KONTROL DIRI DAN ASERTIVITAS DIRI ANGGOTA GENG SEKOLAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Nurul Wulandari_11104244023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada adanya siswa yang menjadi anggota geng di sekolahnya, yang diasumsikan bahwa kontrol diri dan asertivitas diri berperan penting dalam keikutsertaannya menjadi anggota geng sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dinamika kontrol diri dan asertivitas diri anggota geng sekolah di SMA dan SMK Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek dipilih dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah lima belas orang dari tiga (3) geng dengan rentang usia 15-17 tahun. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, kemudian kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri yang dimiliki anggota geng sekolah ialah mereka tidak mampu mengontrol emosinya, tidak mampu mengendalikan perilakunya kerap berbuat negatif yang mengarah pada tindakan kriminal, tidak bertanggung jawab dengan apa yang mereka putuskan. Mereka tidak memikirkan akibat jangka panjang atas perbuatan yang mereka lakukan dan tidak siap menghadapi konsekuensi perbuatan negatif yang mereka lakukan. Asertivitas diri anggota geng sekolah pada perilaku negatif ialah mereka mampu menghormati temannya seperti mereka menghormati diri mereka sendiri (hanya kepada teman satu gengnya saja), mereka mampu menolak ajakan teman namun pada kondisi tertentu mereka menerimanya karena mendapat ancaman, serta mereka mampu menyatakan perasaan menyenangkan dan tidak menyenangkan dengan jujur dan tegas. Kata kunci: kontrol diri, asertivitas diri, anggota geng sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Dec 2018 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61870

Actions (login required)

View Item View Item