Kajian Múa Rối Nước Dalam Budaya Vietnam Dan Implementasinya Pada Pengembangan Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rupa di Sekolah Dasar Negeri Timuran Yogyakarta.

Minh, Thi Pham Tran (2018) Kajian Múa Rối Nước Dalam Budaya Vietnam Dan Implementasinya Pada Pengembangan Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rupa di Sekolah Dasar Negeri Timuran Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-thi-pham-tran-minh-16724259001.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengajikan pertunjukan Múa Rối Nước dalam budaya Vietnam, dan (2) mengembangkan media Múa Rối Nước sebagai pengenalan budaya Vietnam yang layak untuk meningkatkan minat terhadap pertunjukan Múa Rối Nước dan kebudayaan Vietnam kepada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Timuran Yogyakarta. Pengajian pertunjukan Múa Rối Nước dalam budaya Vietnam dilaksanakan dengan cara studi literatur. Pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangannya meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan penelitian; (3) pengembangan produk awal; (4) uji kelayakan terbatas; (5) revisi hasil uji kealayakan terbatas; (6) uji lapangan lebih luas (main field testing); (7) revisi uji lapangan lebih luas; (8) uji kelayakan (operational field testing); (9) revisi hasil uji kelayakan dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, kegiatan observasi, lembar penilaian ahli materi dan ahli media, lembar angket pretest dan posttest pada angket respon siswa, dan lembar angket respon guru. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan skala Likert yang dihitung manual. Múa Rối Nước merupakan sebuah pertunjukan seni teater wayang air khas Vietnam yang mengandung banyak nilai budaya di sana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Múa Rối Nước – Wayang Air Vietnam yang dikembangkan untuk kelas IV Sekolah Dasar Negeri Timuran Yogyakarta dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan tersebut dilihat dari aspek materi, aspek media, aspek respon guru yang memperoleh skor masing – masing yaitu 3,77, 3,32, 3,6 dengan kategori “sangat baik”. Serta dilihat dari aspek respon siswa yang memperoleh skor 3,19 dengan kategori “baik”. Selanjutnya media tersebut juga dinyatakan efektif dalam aspek pengenalan budaya. Hasil tersebut terlihat dalam butir soal keenam dan ketujuh dimana dari 34 siswa, 30 siswa menyukai dan ingin mengetahui lebih tentang pertunjukan Múa Rối Nước - Wayang Air dan kebudayaan Vietnam. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk kelas IV Sekolah Dasar Negeri Timuran Yogyakarta sebagai peningkatan pengetahuan dan minat siswa untuk memperkenalkan kebudayaan dari negara lain yaitu Vietnam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Múa Rối Nước, Wayang Air, budaya Vietnam
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:04
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61866

Actions (login required)

View Item View Item