Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Tari “Nawung Sekar ” terhadap Perkembangan Emosi dan Prestasi Belajar Menari Siswa SLB N Pembina Yogyakarta.

setyarini, nurvita (2018) Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Tari “Nawung Sekar ” terhadap Perkembangan Emosi dan Prestasi Belajar Menari Siswa SLB N Pembina Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurvita setyarini-14702251090.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Tari “Nawung Sekar ” terhadap Perkembangan Emosi dan Prestasi Belajar Menari Siswa SLB N Pembina Yogyakarta. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri atas siswa putri dengan keterbatasan tunagrahita SLB N Pembina. Jumlah populasi dipergunakan semua, sehingga tidak menggunakan sampel. Hal ini dikarenakan sifat purposif yang menggunakan seluruh siswa putri sebagai sampel dengan jumlah 36 anak. Sebagai siswa eksperimen 18 anak dan 18 siswa yang lain menjadi kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan nilai rapor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang terkumpul dari penyebaran survey dan nilai raport semestar satu dilakukan dengan analisa statistik dan di deskriptifkan. Analisa statistik digunakan untuk menganalisa data penelitian yang berhubungan dengan angka-angka, sedangkan analisa deskriptif digunakan untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan yang tampak pada sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan. terdapat pengaruh yang positif dari pembelajaran tari Nawung Sekar terhadap perkembangan emosi dan prestasi belajar menari. Pengujian hipotesis pertama melalui hasil analisis manova (test between subject effects) menunjukkan hubungan antara nilai pendidikan tari Nawung Sekar (x) dengan prestasi belajar (y1) memberikan harga F sebesar 18.299 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Selajutnya, pengujian hipotesis kedua melalui hasil analisis manova (test between subject effects) menunjukkan antara nilai-nilai pendidikan tari Nawung Sekar (x) dengan perkembangan emosi (y2) memberikan harga F sebesar 29.001 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil Uji Manova (Hasil uji Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root) menunjukkan harga F pada uji Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root adalah masing-masing sebesar 124.989 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa harga F Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root adalah semua signifikan. Hal ini dapat dibuktikan melalui diterimanya ketiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan emosi dan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang mendapatkan materi pembelajaran tari Nawung Sekar dengan siswa yang tidak mendapatkan materi tersebut, baik secara simultan maupun terpisah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, nilai-nilai pendidikan, perkembangan emosi, prestasi belaja
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2018 02:50
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61865

Actions (login required)

View Item View Item