KESIAPAN PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMASI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DALAM MEMENUHI KRITERIA SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL

Wandono, Miwahyudi (2009) KESIAPAN PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMASI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DALAM MEMENUHI KRITERIA SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada perubahan tuntutan dunia kerja terhadap sumber daya manusia yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Program Studi Teknik Komputer dan Informasi SMK N 2 Yogyakarta dalam Memenuhi Kriteria Sekolah Berstandar Internasional. Kesiapan dilihat dari (1) Kesiapan Kurikulum, (2) Kesiapan sarana dan prasarana meliputi kesiapan tenaga keepndidikan dan teknisi bengkel dan kesiapan fasilitas praktik, (3) kesiapan tenaga pendidik meliputi, tingkat pendidikan dan pengalaman tenaga pendidik/guru, kesiapan mengelola PBM, dan kesiapan guru terhadap program studi yag diampu, (4) kesiapan peserta didik, (5) kesiapan tenaga kependidikan meliputi penguasaan bahasa Inggris dan komputer dan kesiapan manajemen sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah komponen SMK N 2 Yogyakarta yang antara lain kepala sekolah, guru, siswa, teknisi, serta kelengkapan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Valditas instrument diuji dengan mengkonsultasikan dengan para ahli (judgment experts). Hasil judgement experts tersebut kemudian dirangkum dan disimpulkan untuk pengujian angket. Teknik analisis data dilakukan secara statistic deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesiapan kurikulum mempunyai nilai mean 35,7 dan prosentase 33,33% masuk kategori siap, (2) Kesiapan sarana prasarana meliputi latar belakang pendidikan tenaga kependidikan dan teknisi bengkel mempunyai nilai mean 29,40 dan prosentase 60% masuk kategori kurang siap, dan kesiapan sarana prasarana mempunyai nilai mean 66,59 dan prosentase 41,40% masuk kategori siap (3) Kesiapan tenaga pendidik, pendidikan pengalaman guru mempunyai nilai mean 49,67 dan prosentase 44,44% masuk kategori siap, pengelolaan PBM mempunyai nilai mean 106,22 dan prosentase sebesar 88,88% masuk kategori sangat siap, kompetensi keahlian program studi nilai mean 67,73 dan prosentase 52,63% masuk kategori siap (4) Kesiapan peserta didik mempunyai nilai mean 43,33 dan prosentase 44,44% masuk kategori siap (5) Kesiapan tenaga kependidikan meliputi penguasaan bahasa inggris dan komputer nilai mean 37,10 dan prosentase 48,49% masuk kategori cukup siap dan kesiapan manajemen sekolah mempunyai nilai mean sebesar 32,00 dan prosentase 60% masuk kedalam kategori siap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 09:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item