MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGI DAN VOKASIONAL MELALUI PEER TEACHING PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA KULIAH SISTEM VIDEO

Waluyanti, Sri (2009) MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGI DAN VOKASIONAL MELALUI PEER TEACHING PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA KULIAH SISTEM VIDEO. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
IMPROVING_VOCATIONAL_AND_PEDAGOGICAL_COMPETENCE_THROUGH_PEER_TEACHING_APPROACH_OF_JIGSAW_COOPERATIVE_LEARNING_ON_VIDEO_SYSTEM_COURSE.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogi dan kompetensi vokasional mahasiswa peserta mata kuliah Sistem Video. Sehingga mahasiswa lebih siap dalam menempuh pengajaran mikro dan berhasil dalam Pelaksanaan Praktek Lapangan di sekolah. Penelitian dilatar belakangi adanya beberapa mahasiswa yang gagal dalam menempuh mata kuliah Pelaksanaan Praktek Lapangan (PPL) dan pengajaran mikro. Penelitian menggunakan desain tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah mahasiswa 34 orang. Pada awal tindakan peneliti membekali mahasiswa tentang penyusunan RPP, pengajaran mikro. Mereka difasilitasi modul pembelajaran dalam bentuk soft copy hardcopy, link dengan informasi terkait dalam BESMART, konsultasi dilayani melalui email, chating. Membentuk kelompok ahli masing-masing terdiri dari 4-5 anggota mereka meyusun RPP, melengkapi materi, evaluasi hasil belajar dan media pembelajaran. Kemudian membentuk kelompok baru sejumlah 4-5 orang sesuai jumlah topik yang dibahas. Setiap mahasiswa bertindak sebagai guru menyampaikan materi kepada anggotanya yang berasal dari tim ahli yang berbeda serta mengevaluasi pemahaman mereka. Sedangkan mahasiswa yang berperan sebagai siswa menilai cara mengajar temannya yang berlaku sebagai guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner dam tes hasil belajar kemudian dianalisis deskriptip. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran pendekatan kooperatif Jigsaw dengan peer teaching dari siklus ke siklus : 1) meningkatkan kompetensi pedagogi meliputi peningkatan kemampuan membuat persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. 2) meningkatkan kompetensi vokasional 3) mendapat respon positip dari mahasiwa karena pembelajaran lebih bermakna dan merasa dilatih untuk mengajar serta lebih memahami gambaran tugas guru.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 09:05
Last Modified: 24 Sep 2012 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6183

Actions (login required)

View Item View Item