Nilai-nilai Etika Pergaulan dalam Tari Kejei pada Upacara Adat Perkawinan Suku Rejang di Curup Rejang Lebong Bengkulu dan Implementasinya Terhadap Revolusi Mental untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Trizilia, Erin Kartika (2018) Nilai-nilai Etika Pergaulan dalam Tari Kejei pada Upacara Adat Perkawinan Suku Rejang di Curup Rejang Lebong Bengkulu dan Implementasinya Terhadap Revolusi Mental untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erin-kartika-trizilia-16724251048.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai etika pergaulan tari Kejei yang terkandung dalam gerak dan kostum dan implementasinya terhadap revolusi mental untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan di Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Informan penelitian adalah pemangku adat Rejang, Sesepuh, Penari, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan RejangLebong. Objek material dari penelitian ini adalah gerak dan kostum tari Kejei, sedangkan objek formal dari penelitian ini adalah nilai-nilai etika pergaulan dalam tari Kejei .Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dipandu oleh panduan observasi, wawancara, dan panduan dokumentasi. Analisis dan penjaringan data dilakukan sampai dengan tahap data sudah cukup dengan menggunakan analisis verstehen, interpretasi, historis, danheuristika. Kemudian dilakukan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai etika pergaulan yang terkandung dalam tari Kejei dilihat dari segi gerak dan kostum sebagai berikut: 1) nilai religi yaitu memintah keberkahan dan restu dari Tuhan Yang Maha Esa, 2) nilai sopan santun, 3) nilai tata karma, dan 4). Tanggung jawab. Nilai-nilai tesebut diimplementasikan dalam revolusi mental untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tari Kejei, Nilai, Etika Pergaulan, Revolusi Mental, Siswa SMP
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:09
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61804

Actions (login required)

View Item View Item