Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tari Sambut Sebimbing Sekundang untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa SMP N 1 OKU Sumatera Selatan.

Rahmah, Bella Aulia (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tari Sambut Sebimbing Sekundang untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa SMP N 1 OKU Sumatera Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bella-aulia-rahmah-16724251030.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran tari Sambut Sebimbing Sekundang untuk meningkatkan keterampilan menari siswa SMP N 1 OKU Sumatera Selatan dan (2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran tari Sambut Sebimbing Sekundang untuk meningkatkan keterampilan menari siswa SMP N 1 OKU Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall sampai dengan sepuluh tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan format produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk utama; (6) uji coba lapangan utama; (7) revisi produk operasional; (8) uji coba lapangan operasional (9) revisi produk akhir (10) desiminasi. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 3 siswa. Subjek uji coba lapangan utama terdiri dari 9 siswa. Subjek uji coba operasional terdiri dari 39 siswa. Perbedaan keterampilan menari siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dianalisis melalui SPSS menggunakan Uji-t Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penilaian produk multimedia tari Sambut Sebimbing Sekundang menurut ahli meteri dan ahli media menunjukkan bahwa multimedia tari Sambut Sebimbing Sekundang layak digunakan dengan kategori penilaian sangat baik dan (2) multimedia tari Sambut Sebimbing Sekundang terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan menari siswa kelas VIII di SMP N 1 OKU. Hal ini berdasarkan pada hasil uji coba lapangan operasional yang menunjukan perolehan nilai keterampilan menari siswa <0,05 (p : 0,031< sign. 0,05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan menari antara sisiwa yang mengikuti kegiatan pembelajaran tari Sambut Sebimbing Sekundang dengan mengggunakan multimedia dan tanpa multimedia

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Tari Sambut Sebiming Ssekundang, Keterampilan Menari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:55
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61802

Actions (login required)

View Item View Item