Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Tari Melinting terhadap Hasil Pendidikan Karakter dan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta.

Satrianingsih, Aline Rizky Oktaviany (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Tari Melinting terhadap Hasil Pendidikan Karakter dan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aline-rizky-oktaviari-satrianingsih-14724251009.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta; (2) mengetahui nilai signifikan pengaruh media pembelajaran interaktif Tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode penelitian merupakan eksperimen semu (quasy experimental design) dengan desain Non-Equaivalent Group Design. Penelitian ini dilakukan pada Januari – Maret 2017 dengan dua kelas yang memiliki kemampuan setara dan cara pembelajaran yang berbeda. Target populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Karena keterbatasan populasi yang disediakan, subjek penelitian diarahkan hanya pada kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pendidikan karakter dan tes hasil belajar seni tari siswa untuk pre test dan post test. Validitas dilakukan oleh 2 orang experts judgement. Reliabilitas menggunakan teknik belah dua Spearman Brown dengan koefisien korelasi kedua skor butir genap dan ganjil ≥ 0,6. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) statistik deskriptif; 2) statistik inferensial dengan Manova test untuk mengetahui perbedaan rerata hasil pendidikan karakter dan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol; 3) uji hipotesis dengan Manova test untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif Tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta; 2) signifikansi pengaruh media pembelajaran interaktif Tari Melinting terhadap post test hasil pendidikan karakter pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol = 0,007 < level of significant = 0,05. Nilai signifikan pengaruh media pembelajaran interaktif Tari Melinting terhadap post test hasil belajar seni tari siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol = 0,004 < level of significant = 0,05. Berdasarkan dari hasil tersebut maka hipotesis berbunyi Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Tari Melinting terhadap Hasil Pendidikan Karakter dan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, Tari Melinting, hasil pendidikan karakter, hasil belajar seni tari, eksperimen semu.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:11
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61786

Actions (login required)

View Item View Item