ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOLAM RENANG FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Humam, Muhammad Fatih (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOLAM RENANG FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad fatih humam_17603144011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kolam Renang FIK UNY mempunyai fasilitas yang memenuhi kebutuhan tetapi kuantitas pengunjung tidak maksimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dari Kolam Renang FIK UNY. Strategi pemasaran merupakan alat yang berguna untuk mencapai tujuan perusahaan, dengan alat bantunya marketing mix. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel pada penelitian ini memakai teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah empat puluh lima orang yaitu satu manajer, empat belas karyawan dan tiga puluh pengunjung. Keabsahan data dilaksanakan dengan ketekunan dan triangulasi data lewat sumber metode dan teori. Teknis analisis data dilaksanakan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperoleh fakta bahwasannya produk Kolam Renang FIK UNY sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Harga tiket yang ditetapkan sudah sesuai terhadap fasilitas yang disediakan dan terjangkau. Lokasi Kolam Renang FIK UNY cukup strategis karena berada di tengah perkotaan. Promosi yang dilaksanakan kurang bagus karena belum terlalu gencar dalam promosi. SDM Kolam Renang FIK UNY direkuitmen dan dididik dengan bagus. Proses yang dilaksanakan sudah bagus. Pelayanan terhadap pelanggan yang dilakukan untuk pengunjung sudah bagus. Jadi, bisa disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan analisis strategi pemasaran, bahwasannya faktor promosi khusus terhadap promosi periklanan tidak dilaksanakan dengan gencar sehingga kuantitas pengunjung Kolam Renang FIK UNY tidak maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Sumarjo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: olahraga, pemasaran
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2021 08:48
Last Modified: 11 Feb 2021 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61771

Actions (login required)

View Item View Item