TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ATLET BULUTANGKIS KELOMPOK USIA 16-19 TAHUN KABUPATEN BANTUL

Harianja, Vincentius Arsenio Vitolan (2021) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ATLET BULUTANGKIS KELOMPOK USIA 16-19 TAHUN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_vincentius arsenio vitolan harianja_16601244053.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani atlet bulutangkis kelompok usia 16-19 tahun kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dengan tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah atlet bulutangkis kelompok usia 16-19 Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan atlet putri dan putra kabupaten Bantul dan berusia 16-19 tahun. Total sampel sebanyak 15 atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) tahun 2010 untuk usia 16-19 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dari jumlah 15 atlet tingkat kebugaran jasmani atlet dengan kategori baik sekali (BS) sebesar 0 %, kategori baik (B) sebesar 46,6 %, kategori sedang (S) sebesar 53,3 %, kategori kurang (K) sebesar 0 %, kategori kurang sekali (KS) sebesar 0 %. Maka dapat disimpulkan kesimpulan bahwa tingkat kebugaran jasmani atlet bulutangkis kelompok usia 16-19 tahun kabupaten Bantul termasuk dalam kategori sedang. Saran bagi para atlet, agar dapat meningkatkan kebugaran jasmaninya melalui aktivitas fisik yang dilakukan diclub maupun diluar club sehingga dapat memiliki kebugaran jasmani yang baik dan dapat mencapai prestasi yang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2021 08:08
Last Modified: 11 Feb 2021 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61769

Actions (login required)

View Item View Item