TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS V TERHADAP MATERI BELADIRI PENCAK SILAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA

Prahastiwi, Suciati (2021) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS V TERHADAP MATERI BELADIRI PENCAK SILAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_suciati prahastiwi_17604221041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas V terhadap materi beladiri pencak silat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil uji coba validitas instrumen menunjukkan 25 butir soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s sebesar 0,894. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas V terhadap materi beladiri pencak silat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta dengan kategori sangat rendah sebesar 61,50% (16 siswa), rendah sebesar 27% (7 siswa), sedang 11,50% (3 siswa), tinggi sebesar 0% (0 siswa), dan sangat tinggi sebesar 0% (0 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:49
Last Modified: 11 Feb 2021 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61762

Actions (login required)

View Item View Item