PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LOMPAT JAUH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

Putra, Hanggara Dwi Cahya (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LOMPAT JAUH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hanggara dwi cahya putra_17604221055.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya meningkatkan minat dan pelaksanaan pembelajaran atletik nomor lompat jauh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah 14 guru penjasorkes yang mengampu siswa sekolah dasar kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan minat dan pelaksanaan pembelajaran atletik nomor lompat jauh siswa kelas V melalui pengupayaaan peningkatan minat belajar siswa, perlakuan kepada siswa yang tidak aktif/tidak tertarik ketika berlangsungnya pembelajaran, pengupayaan peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran, penggunaan perangkat pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penerapan metode pembelajaran dimana hal-hal tersebut didasari oleh pemahaman guru penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta tentang minat siswa kelas V terhadap pembelajaran atletik nomor lompat jauh dan pelaksanaan pembelajaran atletik nomor lompat jauh kelas V beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya maupun yang mendukungnya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Heri Yogo Prayadi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: lompat jauh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:42
Last Modified: 11 Feb 2021 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61760

Actions (login required)

View Item View Item