LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MAN 2 YOGYAKARTA

Erfan, Prasetyo (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MAN 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14406241040_ERFAN PRASETYO_PENDIDIKAN SEJARAH.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester ganjil tahun 2017 yang berlokasi di MAN 2 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September-15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 19 mahasiswa dari 9 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, pendidikan Biologi, Pendidikan bahasa Jerman, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan PKn, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan tanggal 15 November 2017, dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan di kelas X IIK, X IBB, X IPS 1,2,3 dan X MIPA 1,2,3. Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PLT ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PLT yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat penguasaan kelas dan menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PLT adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, MAN 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61745

Actions (login required)

View Item View Item