LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ( PLT ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017 MAN II YOGYAKARTA

BELLA, NURANISARI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ( PLT ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017 MAN II YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14405241045_BELLA_NURANISARI_LAPORAN INDIVIDU PLT.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan sebagai penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY. Praktek Pengalaman Lapangan (PLT) telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta II dari tanggal 18 Juli 2016 – 15 September 2016. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu 1 kelas yaitu kelas X IPS 2. Sebelum kegiatan PLT berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPLT yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di MAN II Yogyakarta . Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PLT yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Minggu Efektif, Prosem, Prota, Silabus, RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PLT MAN II Yogyakarta telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, PLT UNY 2015, PLT MAN II Yogyakarta .
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61740

Actions (login required)

View Item View Item