LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA ( DP3AKBPM&D ) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Jueniver, Rizqiars Derna (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA ( DP3AKBPM&D ) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14102244018_JUENIVER RIZQIARS D..pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) adalah bentuk pengabdian dari perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah yang merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan, mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan tentang pendidikan dan kemasyarakatan. Mahasiswa PLT UNY jurusan PLS mendapatkan tempat praktek yang salah satunya berlokasi di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul. Sebelum melakukan PLT di lokasi yang sudah ditentukan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa diantaranya adalah persiapan dari kampus berupa pembekalan dan microteaching, persiapan di lapangan berupa observasi lokasi praktik, penyerahan mahasiswa, perumusan program PLT, persiapan pra program PLT. Setelah melakukan beberapa persiapan barulah pelaksanaan program kegiatan PLT dijalankan. Pelaksanaan PLT dilakukan kurang lebih selama dua bulan. Program kerja mahasiswa PLT di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul meliputi kegiatan pra PPL, program kerja individu, program kerja penunjang, program kerja lembaga, program rutin lembaga, dan program insidental dengan jumlah jam sebanyak 303 jam. Program Kerja Individu yang terlaksana selama PLT antara lain: pembuatan website dan konten website yang baik sehingga dinas dapat memberikan informasi kegiatan yang dilaksanakan kepada masyarakat melalui website, terlaksananya kegiatan PIK-R, BKR dan Peningkatan Kapasitas FAGK dengan baik dan lancar. Program kerja penunjang berupa arsip surat dinas, rapat internal dinas dan input analisis jabatan. Program kerja lembaga yang diikuti antara lain baksos, sosialisais dan monitoring evaluasi dana desa. Program rutin lembaga yang diikuti yaitu apel pagi dan koordinasi pmbagian tugas. Program insidental yang diikuti antara lain syukuran ulang tahun kepala dinas, pengenalan wisata pantai Gunungkidul. Dengan terlaksanya kegiatan PLT, mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai manfaaat keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon pendidik professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tujuan PLT, Pelaksanaan Program PLT, Hasil PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61727

Actions (login required)

View Item View Item