LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Putri, Purwanti (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14102241038_PUTRI PURWANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah bentuk pengabdian dari perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah. PLT merupakan suatu langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan. Melalui kegiatan PLT, mahasiswa diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan dapat belajar tentang pendidikan dan kemasyarakatan sesuai dengan yang dihadapi saat terjun ke lapangan. Kegiatan PLT diawali dengan perencanaan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Perencaan dilakukan atas dasar data-data yang didapatkan selama observasi. Perencanaan dilakukan pada tiga minggu awal kegiatan PLT. Dari hasil perencanaan kegiatan, program kerja PLT Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (DP3AKBPM&D) Kabupaten Gunungkidul meliputi Sosialisasi Bina Keluarga Balita (BKB), Sosialisasi Bina Keluarga Lansia (BKL), Sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR), Parenting, serta Penguatan Kapasitas Forum Anak Gunungkidul, pembuatan website dan substansi website. Secara umun, kegiatan yang dilakukan di DP3AKBPM&D meliputi program individu, program kerja lembaga, program rutin lembaga, serta program insidental. Dari keseluruhan program yang ada, semua sudah terlaksana dengan baik dan lancar, hambatan yang ditemui tidak terlalu berakibat fatal. Waktu pelaksanaan tersebar dari minggu ke dua hingga minggu ke sembilan. Program yang dilaksanakn mendapat apresiasi yang bagus baik darip peserta maupun dari lembaga. Koordinasi yang baik antara mahasiswa dengan lembaga juga mempengaruhi lancarnya kegiatan yang dilaksanakan. Dukungan pelaksanaan program baik dari lembaga maupun masyarakat sabgat besar. Masyarakat mengehendaki kegiatan serupa untuk lebih sering dilakukan mengingat besarnya manfaat yang didapat. Manfaat yang diperoleh diantaranya menambah pengetahuan orangtua mengenai pola asuh, menambah kapasitas anak melalui kegiatan forum anak, menyiapkan kader baik BKB, BKR maupun BKL mengenai materi-materi terkait ranah kerja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PLT, BKB, BKR, BKL, Program KerjA
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61723

Actions (login required)

View Item View Item