PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUALUNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS II DI SD TERUNA BANGSA SLEMAN

Kirana, Sentani Putri (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUALUNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS II DI SD TERUNA BANGSA SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Kirana Sentani Putri_11103241070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode pembelajaran kontekstual pada anak berkesulitan belajar membaca kelas II di SD Teruna Bangsa Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Anak berkesulitan belajar membaca penelitian merupakan seorang anak berkesulitan belajar membaca. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi: panduan observasi partisipasi anak berkesulitan belajar membaca, tes kemampuan membaca permulaan, dan panduan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan penerapanmetode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siklus I mencapaipersentase sebesar 86,61% atau peningkatan nilai sebesar 36,09 dari kemampuan awal 41,67 menjadi 77,76. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siklus II mencapai persentase 128,87% atau peningkatan nilai sebesar 53,70 dari kemampuan awal 41,67 menjadi 95,37. Peningkatan terjadi karena anak terlibat aktif berpartisipasi dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kontekstual serta menyelesaikan tugas yang diminta oleh guru berupa membaca kumpulan kata dan kalimat sederhana dengan amat baik. Siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80 sehingga pemberian tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 09:04
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61709

Actions (login required)

View Item View Item