PENGARUH LATIHAN DRILL SMASH DEPAN DAN BELAKANG GARIS SERANG TERHADAP KEBERHASILAN SMASH OPEN BOLA VOLI PADA ATLET YUNIOR PUTRI YUSO KOTA YOGYAKARTA

Nugroho, Mario Agung (2018) PENGARUH LATIHAN DRILL SMASH DEPAN DAN BELAKANG GARIS SERANG TERHADAP KEBERHASILAN SMASH OPEN BOLA VOLI PADA ATLET YUNIOR PUTRI YUSO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.docx 3.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drill smash depan dan belakang garis serang terhadap keberhasilan smash open bola voli pada atlet yunior putri Yuso Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bola voli putri yunior Yuso Kota Yogyakarta yang berjumlah 30 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) atlet yunior putri Yuso Kota Yogyakarta, (2) atlet berusia 14-18 tahun, (3) bersedia mengikuti pretest, treatment, dan postttest. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi atlet berjumlah 10 atlet. Teknik analisis data menggunakan Shapiro Wilk test untuk normalitas, homogenitas menggunakan Test of Homogenity of Variances, dan uji t untuk pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan latihan drill smash depan dan belakang garis serang terhadap keberhasilan smash open bola voli pada atlet yunior putri Yuso Kota Yogyakarta, dengan t hitung latihan drill smash depan 7.348 > t tabel 2.776 dan nilai signifikan 0.002 < 0.05, dengan persentase peningkatan 21.32%, latihan drill smash belakang 6.872 > t tabel 2.776 dan nilai signifikan 0.002 < 0.05, dengan persentase peningkatan 20.75%. (2) latihan drill smash depan lebih efektif dalam meningkatkan keberhasilan smash open bola voli dengan perbedaan persentase peningkatan 0.57%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan drill smash depan dan belakang, keberhasilan smash
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61690

Actions (login required)

View Item View Item